Tuesday 3 March 2015

Perkembangan HTML dari versi pertama hingga sekarang

Perkembangan HTML dari versi pertama hingga sekarang

HTML (HyperText Markup Language) terus berkembang, Pernahkan anda membuka situs google.com atau yahoo.com atau website-website lainnya ? Pada website tersebut seringkali kita temukan gambar atau tulisan. Dan apakah pernah terlintas dibenak anda, Bagaimana semua itu bisa tersusun disana?.
Lalu bagaimana cara membuatnya?. Semua itu ada dan tersusun tidak lain karena sebuah bahasa pemprograman, salah satunya adalah HTML (Hypert Text Markup Language).
Coba anda buka salah satu situs kesukaan anda, kemudian setelah situs tersebut sudah terbuka anda tekan CTRL + U maka secara tidak lansung anda akan menampilkan sekumpulan huruf-huruf yang di dalamnya terdapat tanda “<” dan “>”. Kumpulan huruf itu yang sering disebut HTML.
HTML bukan bahasa biasa yang biasa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat, melainkan sebuah bahasa pemprograman tingkat tinggi. Orang-orang yang berkecimpung di dunia web pasti tidak asing dengan bahasa tersebut(HTML), khususnya yang sudah memiliki web atau blog.
Bahasa HTML adalah bahasa yang  harus dimengerti terlebih dahulu oleh para programmer web. Alasan dasar HTML harus dipelajari adalah guna editing serta kostumisasi sebuah web atau blog milik anda. Selain itu HTML adalah bahasa pemprograman web tingkat dasar dan mengingat banyaknya bahasa yang dimasukkan kedalam bahasa HTML.
Tahun 1980 IBM (International Business Machines) membuat konsep untuk meletakkan beberapa point, dimana point-point tersebut menandai bagian-bagian dari sebuah dokumen seperti bagian judul, bagian alamat, bagian isi dokumen.
Poin-point itu juga adalah sebuah program untuk melakukan pemformatan dokumen secara mudah.
IBM memberikan nama Generalized Markup Language (GML) pada Bahasa pemprograman yang bertugas untuk hal itu. Tahun 1986 konsep ini disetujui oleh pihak ISO (International Standart Organization) sebagai standart dalam pembuatan suatu dokumen. Pada waktu keluarnya ISO 8879, ISO menamai GML (Generalized Markup Language) ini menjadi SGML (Standart Generalize Markup Language).
HTML versi 1.0
Pada HTML versi 1.0. memiliki kemampuan yakni menampilkan Heading, Paragraph, Hypertext, List, cetak tebal, dan miring pada penulisan teks. Versi ini hanya mendukung peletakan gambar pada dokumen tanpa membolehkan teks berada disekeliling gambar (wrap text;top or bottom).

HTML versi 2.0

Versi 2.0. ini terdapat penambahan kualitas TML yang ada pada kemampuan menampilkan sebuah form di dokumen. Adanya form ini memudahkan kita dalam memasukkan nama, alamat, serta saran atau kritik. Dan mulai dari versi ini HTML menjadi pioneer dalam perkembangan homepage interaktiv.


HTML versi 3.0

 HTML versi 3.0 ini ada penambahan beberapa fasilitas baru misalnya adanya tabel. Versi ini disebut juga HTML+,  tetapi tidak tertahan lama dan segera digantikan dengan HTML  versi  3.2.(18/12/1997).

HTML versi 4.0

HTML versi 4.0 ini memiliki banyak perubahan serta revisi dari HTML versi sebelumnya. Hampir semua perintah-perintah HTML meliputi table, image, text, link, form, imagemaps, meta dan lainnya. Setelah itu pada tanggal 24 April 1998 lahirlah HTML versi 4.01 yang dikeluarkan oleh W3C secara resmi. Pada tahun 1999 versi HTML 4.01 menjadi standart HTML, versi ini merupakan revisi dari versi sebelumnya yaitu HTML versi 4.0 (18 Desember 1997). HTML versi ini (HTML 4.01) masih menjadi standart resmi hingga sekarang ini.

HTML versi 5 (HTML 5)


HTML versi ini adalah perkembangan HTML generasi saat ini. Dan mungkin akan terus berkembang searah mengikuti perkembangan zaman. Versi ini juga merupakan generasi terakhir. Beberapa fitur baru yang berada pada versi 5 ini antara lain :
- Fitur canvas memungkinkan kita untuk menggambar.
- Fitur Video dan Audio sebagai media player untuk memutar video atau musik.
- Elemen-element baru seperti, artikel, header, footer , dan navigasi.
- Fitur Dukungan yang lebih baik guna penyimpana secara offline local.
- Fitur Control dalam bentuk baru, meliputi ; kalender, waktu, email, search, URL
Akan tetapi sampai saat ini HTML versi ini belum menjadi standart resmi. Banyak browser juga yang belum support terhadap HTML 5. HTML versi ini (HTML 5) mungkin akan menjadi standart baru untuk HTLM dan XHTML.

Mungkin hanya sampai itu dulu yang bisa saya sampaikan tentang perihal perkembangan HTML dari versi pertama hinggga HTML versi saat ini.

No comments:

Post a Comment

author
Creative Media
" Computer Course & Trainings, Web Development, Branding & Design, Interior Design "